Pages

Kamis, 17 Oktober 2013

MATERI PEMROGRAMAN MULTIMEDIA

Materi Pemrograman Multimedia


DEFINISI MULTIMEDIA :
         MULTIMEDIA berasal dari kata multi dan media [latin]
        Multi : banyak; bermacam-macam
        Media[medium] : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
        Medium [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
         Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
         Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
        1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
        2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996)
        3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
        4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
         KOMPUTER MULTIMEDIA (Menurut wikipedia.org):
         Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer  mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information IndustryAssociation).
         Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.
Penggunaan Multimedia
         1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
         2. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukungoleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
         3. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Pergeseran Budaya Karena Multimedia
         1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.  Contoh software yang mendukung  eleworking/telecommuting: Netmeeting!
         2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
         3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
         4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
         5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
         6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Klasifikasi Media (ISO93a)
1. Perception Medium
            • Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya
            • “Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?” -> Persepsi    informasi melalui penglihatan atau pendengaran
            • Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
Aspek pada perception medium :
         i. Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung dalam presentasi secara nyata
            - Kertas, layar
            - Slide show, power point
         ii. Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
            - Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal: suhu, rasa, bau
            - Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
         iii. Aspek Representation Dimension
- Ruang (space)
- Waktu (time) :
         time independent, discreet (text, grafis)
         time dependent , continuous media (video, audio, sinyal dari sensor yang berbeda)
2. Representation Medium
            • Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
   • “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” -> Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :
                        - Text : ASCII dan EBCDIC
                        - Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext
               - Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi linier 16 bit
               - Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG
               - Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer         standard (MPEG)
3. Presentation Medium
               • Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
               • “Melalui media apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
               - Output : kertas, layar, speaker
               - Input : keyboard, mouse, kamera, microphone
4. Storage Medium
   • Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan    informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
   • “Dimanakah informasi akan disimpan?” -> microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
5. Transmission Medium
   • Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
   • “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” -> melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
6. Information Exchange Medium
   • Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi
   • “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” -> direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum
TEKS (TEXT)
         Teks adalah data dalam bentuk karakter.
         Merupakan bentuk kode ASCII.
         Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit “binary digit” (desimal = 0-127).
         Terdapat beberapa jenis teks :
        Plain Text (Unformatted Text)
        Formatted Text (Rich Text Format)
        Hypertext
Hypertext
         Hypertext adalah teks yang memiliki fasilitas linking (Kaitan dengan teks lain).
         Diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965)
         Contoh hypertext :
        HTML : Hypertext Markup Language
        XML : eXtensible Markup Language
HTML
         HTML (Hypertext Mark Up Language), merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan document web.
         Kemampuan  HTML yaitu:
        Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.
        Mempublikasikan document secara online.
        Membuat online form -> pendaftaran transaksi secara online.
        Menambahkan object lain  seperti image, audio, video dan juga java applet.
        Mendukung link.
XML
         XML (Extention Mark Up Language).
         Merupakan satu bentuk format dokumen yang mempunyai Keunggulan dan keuntungan, yaitu :
        Simple, karena XML tidak serumit HTML, strukturnya jelas, dan sederhana.
        Intelligence, karena XML mampu menangani berbagai komplesitas markup bertingkat-tingkat.
        Portable, karena memisahkan data dan presentasi
        Fast, pencarian data cepat
        Extensible, dapat ditukar/digabung dengan dokumen XML lain.
        Linking, XML dapat melakukan linking yang lebih baik daripada HTML, bahkan dapat melink satu atau lebih poin dari dalam maupun luar data.
        Maintenance, XML mudah untuk diatur dan dipelihara, karena hanya berupa data, stylesheet dan link terpisah dari XML.
GAMBAR (IMAGE)
         Gambar (image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek, dalam pandangan 2D atau 3D.
         Menurut wikipedia.org: image/picture is an artifact that reproduces the likeness of some subject—usually a physical object or a person.
         Gambar 2 dimensi bisa berasal dari: kamera, kaca, lensa, teleskop.
         Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval diskrit).
         Titik merupakan suatu gambar yang di-sampling -> picture element (pixel).
         Nilai intensitas warna pada suatu pixel disebut gray scale level.
         1 bit → binary-valued image (0 - 1)
         8 bits → gray level (0 - 255)
         16 bits → high color (216)
         24 bits → 224 true color
         32 bits → true color (232)
GRAFIK (GRAPHICS)
         Wikipedia.org: Graphics are visual presentations on some surface such as a wall, canvas, computer screen, paper or stone to inform, illustrate or entertain.
         Ada 2 jenis grafik:
1.      Raster: dimana setiap pixel didefinisikan secara terpisah.
2.      Vector: dimana formula matematika digunakan untuk menggambar graphics primitives (garis, kotak, lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya.
            Gambar vektor berukuran lebih kecil, gambar tidak pecah, semua manipulasi dilakukan melalui rumus.
         Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis. Grafik tersebut dapat dimanipulasi secara dinamis:
        motion dynamics obyek / background bergerak
        update dynamics obyek berubah bentuk, warna, dll.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar